Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Iridology

            Iridology adalah ilmu yang mempelajari dan menafsirkan berbagai pola pada iris mata, sebagai indikator berbagai karakteristik individu, terutama menyangkut kesehatan fisik dan kejiwaan. Dari hasil diagnosa tersebut, selanjutnya terapis Iridology akan mengusulkan perbaikan pola makan, program olahraga, maupun jenis terapi komplementer yang lain untuk memperbaiki kondisi pasiennya.

            Iridologi, atau juga disebut diagnosa iris, atau iridiagnosis, memiliki asal-usul yang informal. Manusia memiliki kebiasaan untuk mengamati mata sesamanya dalam upaya mereka mengira-ngira perasaan lawan bicaranya, maupun kondisi fikiran dan fisik mereka. Ilmu refleks syaraf mata (neuro-optik) sendiri telah digunakan sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu oleh para penyembuh Chaldean, China, Jepang, dan India kuno. Hippocrates juga pernah menyinggung Iridology dalam tulisan-tulisannya. Buku pengobatan Chiromatica Medica dari abad ke - 17 menyatakan kondisi jantung dan limpa bisa ditafsirkan dari iris mata kiri, sedang kondisi hati (liver) dari iris mata kanan.

            Penelitian yang mendalam mengenai Iridology dilakukan oleh Dr. Ignatz von Peczely, seorang ahli fisika Hungaria yang hidup pada tahun 1822 -1911. Ia yang pertama menggunakan kartu Iridology modern, yang kemudian disempurnakan oleh ahli kedokteran lain. Pada akhir abad ke 19, Dr Henry Lahn memperkenalkan praktek Iridology ke Amerika Serikat. Sedang Bernard Jensen seorang ahli Naturopati dan Kairopraktik mendirikan pusat riset di Amerika yang memiliki bank mata. Di tempat itulah, iris mata dari para penderita penyakit jantung dan ginjal diteliti.

Cara Kerja Iridology
            Praktisi Iridology mempelajari iris mata, untuk memperoleh indikasi kelemahan genetik dan fungsional tubuh pasiennya.

            Serat, perubahan warna, dan tanda atau goresan yang abnormal pada iris mata, memberi indikasi keadaan jaringa tubuh dan pola perilaku psiko-emosional seseorang. Ahli Iridology menganalisa tanda-tanda yang diperoleh dari berbagai determinan tersebut untuk menentukan kondisi pasiennya.

            Bersama dengan metode diagnosa yang lain, pemeriksaan yang teliti dan menyeluruh terhadap iris mata bisa memberian kepastian mengenai kebutuhan perawatan kesehatan orang yang bersangkutan.

            Iridology meneliti bentuk, warna, dan kwalitas jaringan mata. Juga struktur, bercak-bercak pigmen maupun perubahan-perubahan yang terjadi untuk mengidentifikasi tipe konstitusional seseorang. Setiap kelenjar dan oragan memiliki tempatnya pada peta di mata. Bercak-bercak gelap menunjukkan pemiliknya kurang bergerak, dan bisa juga mengindikasikan awal dari penyakit peradangan. Seseorang yang iris matanya jernih menunjukkan kesehatan yang prima. Munculnya warna-warna yang tidak semestinya memberi pertanda kemungkinan penggunaan obat-obatan yang telah mempengaruhi sirkulasi darah dan getah bening. Kepadatan atau densitas dan butiran dari struktur iris mata memberi informasi mengenai kekenyalan, vitalitas, dan kondisi umum dari jaringan tubuh.

Berkunjung ke Ahli Iridology
            Ahli Iridology umumnya membuka konsultasinya dengan mengambil foto mata pasien dan membuat analisa dari hasil cetakan fotonya. Kebanyakan juga akan mencatat penemuannya dalam bentuk diagram. nasehatnya akan berupa praktek kesehatan yang bersifat preventif atau mendukung melalui terapi nutrisi dan herba, pengelolaan emosi kejiwaan dan perubahan gaya hidup.

Daftar Pustaka

Seluk Beluk Pengobatan Alternatif dan Komplementer - oleh Tim Redaksi Vitahealth, Penerbit PT Buana Ilmu Populer - Jakarta 2006

www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.

Posting Komentar untuk "Iridology"

Menjadi Penulis Terampil
Hanya dari kebiasaan menulis sederhana
Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis

Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi , #novel nonfiksi , #kisah inspiratif , #biografi inspiratif di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/+6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com