Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

#2 Menulis Artikel

    

Belajar Cara Menulis 

Eksposisi 

dan 

Artikel yang Asyik Dibaca


Nabok Nyilih Tangan

            Memukul dengan meminjam tangan orang. Mungkin itu peribahasa yang kurang tepat untuk maksud buku ini yakni melatih calon penulis mengungkapkan pendapat dengan fakta-fakta kejadian yang dialami orang lain sebagai alasan atau argumentasi demi mendukung opininya. Ya tentu saja, ketika peribahasa Jawa tersebut dimaknakan kepada makna sebenarnya, “Tumindak ala kanthi kongkonan wong liya” yang terjemahan bahasa Indonesianya “melakukan perbuatan buruk dengan cara menyuruh orang lain.”

            Namun, apapun bahasanya, terkadang kata-kata mempunyai makna ambigu, tergantung sudut pandang bagi yang membacanya. Peribahasa Jawa tersebut bisa kita biaskan dengan makna “memberi nasehat dengan cara menyuruh orang lain”. Karena, terkadang nasehat terasa berupa “tabokan” atau “pukulan yang cukup berarti” bagi hati-hati manusia. Sehingga jika itu tidak memakai tangan sendiri, akan tetapi mempergunakan “tangan orang lain”, maka akan terkesan “tidak menggurui”. Apalagi pukulan-pukulan tersebut berupa cerita, kisah, dialog-dialog nyata yang memang dialami oleh seseorang sehari-hari dalam kehidupan nyata. Kisah itu nikmat dan asyik dibaca, sehingga walaupun sejatinya itu adalah pukulan, akan tetapi dirasakan sebagai nikmat “tabokan” yang tidak menyakitkan.

            Orang sekarang dengan segala permasalahan hidup mereka, mereka tidak suka menambah masalah dalam pikiran mereka dengan segala macam opini yang mereka temui di media-media khususnya media tulisan. Orang sekarang lebih senang dihibur dengan cerita-cerita yang memberikan rasa nikmat dan asyik dalam perasaan mereka. Orang sekarang memang ternyata lebih suka membaca mengenai orang lain yang mempunyai nama dan alamat, mempunyai identitas jelas, bukan mengenai kebanyakan orang yang tanpa adanya kejelasan.

            Bukankah demikian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kita memberi nasehat kepada putra-putri kita yang keterlaluan nakalnya dengan pukulan yang tidak membahayakan?

            Berikut menulis.sketsarumah.com berbagi ilmu secara cuma-cuma beberapa langkah dalam bentuk bab demi bab pengajaran (tutorial) Menulis Artikel. Dan sebelumnya diinformasikan, bahwa bimbingan belajar Menulis Artikel ini telah mencapai pada tahap menulis opini dalam bentuk Eksposisi. Karena Eksposisi adalah bentuk dasar dan baku dari tulisan opini, yang nantinya dapat dikembangkan menjadi bentuk tulisan Artikel yang nikmat dan asyik dibaca.

            Yuk kita mulai Sobat!



    
        Untuk lengkapnya sampai pada langkah Menulis Artikel yang nikmat dan asyik dibaca, kita dapat membeli bukunya dengan KLIK /TAP > Buku MENULIS ARTIKEL Asyik Dibaca.