Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

#08 Pola dalam Kisah Inspiratif

            Sebuah Narasi dapat tersusun menurut berbagai pola. Yang paling sederhana, dapatlah kita beri nama Narasi Dasar. Narasi Dasar harus terdiri dari tiga bagian ; Awal, Tengah dan Akhir

            Sangatlah sederhana.
  
            Tetapi, akan dijelaskan masing-masing yang ternyata nanti kita tahu bahwa tidak sesederhana apa yang kita bayangkan.

            Awal itu, mustilah seperti umpan sebuah pancing yang lezat, sehingga begitu pembaca membaca hatinya langsung terpaut. Awal itu haruslah memperkenalkan tokoh-tokoh yang memainkan peran dalam narasi, serta memberikan latar belakang yang dibutuhkan untuk kelancaran cerita. Dan, disamping itu semua, awal harus menyiratkan bagaimana kira-kira cerita itu akan berakhir.

            Maksudnya bukanlah: begitu pembaca membaca awal itu dia langsung mengetahui bagaimana kelanjutan dan akhir cerita nantinya, tetapi ketika pembaca sudah selesai membaca seluruh kisah tersebut, dia akan berkata dalam hatinya, 
            Oh ini rupanya yang disiratkan di awal tadi”. 

            Ketika itu barulah terasa bahwa akhir narasi tersebut memang harus begitu, tidak bisa lain walaupun tidak bisa diduga sebelumnya. Akhir yang baik itu selalu harus mengejutkan.

            Bagian tengah, dimulai ketika di dalam cerita itu mulai muncul komplikasi, tikaian atau keruwetan yang akhirnya menjurus ke konflik. Semuanya menuju titik krisis konflik yang terakhir dan menentukan yang dinamakan klimaks. Perlu diingat kembali bahwa yang namanya konflik tidak harus konflik fisik semata. Bisa saja konflik bersifat non fisik, misalnya pergi ke kota dan menetap di sana ataukah tinggal di desa saja, atau bisa juga memilih calon istri dari teman ataukah pilihan orang tua, dan lain sebagainya.

            Konflik itu biasanya memang diakhiri dengan sebuah ledakan, dan itu klimaks tadi. Ibarat letusan gunung berapi, awalnya adalah tekanan-tekanan uap atau gas di dalam gunung itu mulai meninggi (komplikasi yang menuju konflik). Kemudian ada letusan-letusan kecil, semburan abu vulkanik, batu, asap dan api (konflik). Dan, akhirnya letusan itu yang maha dahsyat dan bahkan bisa mencampakkan separuh dari puncak gunung tersebut (klimaks). Sesudah letusan itu, kemudian kembali tenang. Para penduduk kembali ke rumah masing-masing, bantuan kemanusiaanpun berhenti mengalir, dan kehidupan baru segera dimulai normal kembali.

            Begitulah permisalan akhir sebuah Narasi Dasar. Ada  akhir yang berpanjang-panjang dengan menceritakan nasib tokoh-tokoh yang terlibat dalam narasi. Tapi ada pula yang singkat saja. Bahkan, ada Narasi yang akhirnya tidak dituliskan, hanya tersirat, dan pembaca dipersilahkan menduganya sendiri.

            Itulah pola Narasi Dasar. Dan, cara inipun masih banyak yang dipakai. Tetapi, ada pula penulis yang mencari dan menciptakan gayanya sendiri. Dari waktu ke waktu banyak bermunculan cara bercerita yang baru. Dan sudah menjadi sifat dasar seorang penulis selalu mencoba gaya baru.

            Pola Narasi dapat digambarkan diagram seperti diagram di bawah ini:

Gambar atas

Bisa kita temukan suasana-suasana yang akan mengantar atau menuju klimaks konflik, lalu mereda.

Atau

Gambar bawah

Bisa juga, kita temukan konflik-konflik kecil, lantas mengarah kepada suasana memanas, dan akhir puncaknya dengan konflik terbesar sebagai klimaks, lalu mereda.

www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.

Posting Komentar untuk "#08 Pola dalam Kisah Inspiratif"

Menjadi Penulis Terampil
Hanya dari kebiasaan menulis sederhana
Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis

Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi , #novel nonfiksi , #kisah inspiratif , #biografi inspiratif di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/+6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com