Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

#01 Pengertian Deskripsi

          Deskripsi atau pemerian adalah suatu wacana tulisan, dimana merupakan usaha penulis untuk memberikan perincian-perincian dari objek yang sedang dibicarakan. Kata "deskripsi" mempunyai arti "menulis tentang", "membeberkan sesuatu hal". Kata "pemerian" dengan kata dasar "peri", dan kata kerja "memerikan" yang bermakna "melukiskan sesuatu hal".

          Dalam wacana tulisan deskripsi, penulis mengungkapkan kesan-kesan, hasil pengamatannya serta perasaannya kepada para pembaca. Penulis menyampaikan sifat dan semua perincian wujud yang dapat ditemukan pada objek yang diamati. Tujuan yang ingin dicapai adalah menciptakan daya khayal (imajinasi) kepada para pembaca. Sehingga seakan-akan para pembaca melihat sendiri dan mencerap dengan indera lainnya objek tadi secara keseluruhan sesuai dengan apa yang dialami secara nyata oleh penulisnya.

          Ada lagi deskripsi yang mungkin tidak menimbulkan daya khayal, kesan atau perasaan tertentu. Misalnya, deskripsi tentang bagian-bagian mesin sebuah kapal laut secara terperinci. Deskripsi tersebut sama sekali tidak menginginkan kesan tertentu. Deskripsi yang demikian disebut Deskripsi Ekspositoris. Sedang deskripsi yang menimbulkan daya khayal (imajinasi) disebut Deskripsi Impresionistis.

          Deskripsi Impresionistis bermaksud menciptakan suatu pengalaman pada diri pembaca yang menimbulkan suatu kesan atau interpretasi. Penulis akan memilih rangkaian kata-kata untuk menggambarkan ciri, sifat dan watak objek tersebut sehingga dapat menimbulkan perasaan tertentu kepada pembaca. Dengan kata lain Deskripsi Impresionistis berusaha menciptakan suatu penghayatan terhadap objek tersebut melalui imajinasi pembaca.

          Sedangkan, Deskripsi Ekspositoris hanya bertujuan memberi identifikasi atau informasi suatu objek agar pembaca mengetahuinya secara tepat. Ia tidak berusaha menciptakan kesan atau imajinasi pada diri pembaca.

          Dalam kenyataannya kedua deskripsi ini saling bertumpang tindih. Karena di samping kedua deskripsi tersebut, ada deskripsi yang menginginkan informasi sekaligus terjalin pula dengan kesan dan imajinasi.
***
www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Enggak jauh dari desain dan menulis, diimajinasikan dengan kopi di studio sketsarumah.com.

Posting Komentar untuk "#01 Pengertian Deskripsi"

Hanya dari kebiasaan menulis sederhana
Menjadi Penulis Terampil
Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis

Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi , #novel nonfiksi , #kisah inspiratif , #biografi inspiratif di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/+6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com