Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

#08 Analisis Deskripsi "Takut"

          Di dalam "Takut" ini kita melihat adanya Alur Cerita atau Plot, ada Tokoh dan ada Konflik, bahkan ada Latar. Maka, ini adalah Narasi Sempurna dan Nyata atau Kisah Inspiratif.

            Dan juga, di dalam tulisan ini kita melihat Deskripsi dari apa-apa yang dialami penulis. Deskripsi yang diungkap adalah bukan dengan pengembangan spasi atau waktu, akan tetapi menggambarkan impresi atau kesan dari penulis. Tujuan kesan dari penulis adalah untuk menstimulir pembacanya. Urut-urutan pengembangannya sangat subyektif, tergantung perasaan yang ada pada penulis waktu itu.

            Ketika lupa akan tujuan ke Puncak maka tertulis, 

"Di kanan-kiri kami mulai nampak terbentang pepohonan teh bak karpet hijau yang empuk. Di depan kami agak ke kiri nun jauh di sana berdiri anggun bukit Puncak Pass. Kabut tipis menyelimuti lerengnya. Pohon-pohon cemara bergerombol di beberapa lerengnya, tertiup angin semilir daunnya melambai-lambai bagaikan mengucapkan selamat datang kepada kami. Sungguh indah negeri ini!"

            Namun ketika ingat dan timbul rasa takutnya tertulis,

"Tiba-tiba, pepohonan teh bak karpet hijau empuk itu dalam benakku berubah menjadi karpet paku-paku yang tajam. Bukit Puncak Pass berdiri angkuh dan angker. Kabut tipis tampak menyimpan misteri. Pepohonan cemara dedaunannya melambai-lambai mengejekku."

            Namun, kita melihat juga Deskripsi dengan pengembangan spasi atau ruang, yaitu ketika pandangan penulis melihat ke kiri-kanan jalan, melihat ke depan agak ke kiri, dan ketika sampai di area parkir, lalu menuju puncak Bukit 60 meter, dan akhirnya terbang dan mendarat.

            Oleh sebab itu dalam suatu tulisan tidaklah musti terikat dalam satu bentuk tulisan, terkadang masuk dalam beberapa kategori bentuk. Seperti tulisan di atas mempunyai beberapa golongan bentuk yaitu, Narasi Nyata atau Kisah Inspiratif, Deskripsi Impresionistis, dan Deskripsi Ekspositori.

***
www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.

Posting Komentar untuk "#08 Analisis Deskripsi "Takut""

Menjadi Penulis Terampil
Hanya dari kebiasaan menulis sederhana
Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis

Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi , #novel nonfiksi , #kisah inspiratif , #biografi inspiratif di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/+6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com