Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

#04 Teknik Deskripsi dengan pendekatan Ekspositoris

          Yang dimaksud "pendekatan" dalam teknik deskripsi adalah, 
          
bagaimana sikap seorang penulis meneropong atau melihat objek atau hal yang akan dituliskannya itu, agar ia dapat menggambarkannya secara tepat, sehingga maksud tujuannya tercapai.

            Deskripsi Ekspositoris adalah pemaparan atau penggambaran suatu obyek atau keadaan dengan urutan yang sangat logis.

            Setiap benda, obyek atau keadaan mempunyai logika urut-urutan tersendiri. Jika kita ingin mendeskripsikan suatu rumah misalnya, maka urutan logisnya agaknya pasti dari depan yakni teras depan lalu lanjut terus ke belakang sampai ruang-ruang di belakang seperti dapur dan kamar mandi.
            Seorang manusia misalnya lagi, tentu lebih wajar kalau dipaparkan dari atas (kepala) lalu seterusnya sampai bawah (kaki). Dan, aneh juga jika seorang manusia di gambarkan dari depan ke belakang atau dari kanan ke kiri.
            Nah, tulisan Deskripsi Ekspositoris mematuhi urutan logika ini. Deskripsi seperti ini juga terkadang dipahami sebagai Deskripsi berdasarkan pengembangan Ruang atau Spasi (dari kata Space yang berarti Ruang). Pemahaman ini dikarenakan observasinya berdasarkan ruang, yaitu dari satu ruang (sisi) ke ruang (sisi) lainnya.

            Jika kita memaparkan suatu proses, misalnya memperbaiki sepeda motor, maka tidak dapat menggunakan pengembangan ruang. Memperbaiki sepeda motor haruslah memakai tahapan-tahapan pekerjaan yang harus dilakukan. Dan, deskripsi yang diterapkan adalah berdasarkan pengembangan waktu.

www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.

Posting Komentar untuk "#04 Teknik Deskripsi dengan pendekatan Ekspositoris"

Menjadi Penulis Terampil
Hanya dari kebiasaan menulis sederhana
Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis

Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi , #novel nonfiksi , #kisah inspiratif , #biografi inspiratif di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/+6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com