Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penulis atau Pengarang



          Seringkali, orang pada umumnya mengistilahkan sama antara penulis dan pengarang, namun terkadang juga berbeda lho. Ada penulis atau pengarang yang bersendirian secara pribadi, itulah yang sering kita kenal. Dan, ada pula beberapa penulis atau pengarang secara berkelompok. Yang demikian, mereka bisa mempunyai hubungan dengan hukum ataupun kontrak penerbitan seperti suatu lembaga swasta atau lembaga pemerintah.

          Penulis atau pengarang memiliki hak cipta atas hasil karyanya. Hak cipta ini bisa berbentuk hak ekonomi, dan biasanya hak cipta ini dialihkan ke penerbit dalam jangka waktu tertentu, sehingga editor naskah pada penerbit bersangkutan tak bisa seenaknya mengubah hasil karya penulis atau pengarang yang merupakan pemegang hak cipta naskah.

           Selain itu, ada mitra editor naskah yang disebut ghost writer (penulis bayangan) dan co-writer (penulis pendamping). Umumnya mereka bekerja dengan jasa untuk membantu para pemilik ide dalam mewujudkan karyanya yang dapat berupa biografi, autobiografi, memoar ataupun buku panduan.


Penulis vs Pengarang 

          Penulis (writer) adalah seorang yang memiliki kemahiran dalam menulis, akan tetapi belum tentu apa yang dia tulis merupakan gagasannya. Bisa jadi gagasan yang dia tulis merupakan gagasan dari orang lain, sehingga dia hanya menulis apa yang diperintah oleh pemilik gagasan. Istilah penulis ini acapkali digunakan pada karya-karya nonfiksi atau faksi. Dan istilah ini dalam penulisan sebuah buku sering dinamakan dengan penyusun. 

          Adapun pengarang (author) adalah seorang yang memiliki gagasan atau pemilik ide dalam suatu karya tulis. Istilah pengarang kerap digunakan pada karya-karya fiksi sehingga kita kenal adanya pengarang novel atau cerpen. 

          Seorang pengarang (author) adalah sebagai pemilik otoritas terhadap ide sebuah karya, terkadang dia tidak mampu untuk menulis yang disebabkan karena memang dia tidak memiliki kemahiran dalam menulis atau karena alasan waktu atau alasan lainnya. Oleh sebab itu, seorang pengarang dapat bekerjasama dengan seorang penulis yang sering diistilahkan dengan ghost writer (penulis bayangan) dan co-writer (penulis pendamping).
www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Enggak jauh dari desain dan menulis, diimajinasikan dengan kopi di studio sketsarumah.com.

Posting Komentar untuk "Penulis atau Pengarang"

Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis
Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi dan #novel nonfiksi di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com