Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

#02 Kisah Ekspositoris

           Kisah Ekspositoris bertujuan untuk menggugah pikiran para pembaca untuk mengetahui apa yang dikisahkan. Bidikan utamanya adalah nalar atau akal, yaitu berupa perluasan pengetahuan para pembaca setelah membaca kisah tersebut. Kisah tersebut menyampaikan informasi mengenai berlangsungnya suatu peristiwa.

          Misalkan, sebuah kisah mengenai berlangsungnya suatu demonstrasi di suatu negeri untuk menuntut lengsernya seorang pemimpin, atau kisah yang disampaikan seorang penuntut umum di depan pengadilan mengenai bagaimana berlangsungnya suatu penyerangan oleh suatu kelompok teroris di suatu negeri, dan sebagainya. Semua kisah atau narasi tersebut berusaha menyampaikan informasi kepada para pembaca atau pendengar tentang kejadian tersebut, agar merekapun tahu tentang peristiwa tersebut secara tepat.

        Sebagai sebuah bentuk kisah, Kisah Ekspositoris mempersoalkan tahap-tahap kejadian, rangkaian-rangkaian perbuatan kepada para pembaca atau pendengar. Runtun kejadian atau peristiwa tersebut disampaikan dengan tujuan untuk memberikan informasi dan memperluas pengetahuan dan pengertian para pembaca atau pendengar. Semua itu disampaikan tanpa adanya tujuan merangsang daya khayal dan tanpa tujuan memberi makna dari kisah tersebut.

          Yang termasuk dalam narasi atau Kisah Ekspositoris adalah, narasi tentang bagaimana langkah-langkah membuat roti, narasi tentang bagaimana melakukan pembuatan sebuah kapal, dan sebagainya. Termasuk dalam jenis ini pula seperti berita di surat kabar, kisah pengalaman seseorang pertama kali masuk pondok pesantren, pengalaman perjalanan menembus pegunungan di suatu negeri dan sebagainya.

www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Enggak jauh dari desain dan menulis, diimajinasikan dengan kopi di studio sketsarumah.com.

Posting Komentar untuk "#02 Kisah Ekspositoris"

Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis
Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi dan #novel nonfiksi di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com