Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kata Ons yang telah dilupakan bahasa asalnya

        Ons senilai 100 gram berasal dari sistem satuan metrik Belanda yang dibuat pada tahun 1820. Dengan diadopsinya sistem metrik internasional oleh Belanda pada tahun 1937, konversi 1 ons = 100 gram resmi dinyatakan tidak berlaku lagi walaupun kadang masih ditemukan secara informal. 

        Indonesia menyerap satuan ini. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan bahwa ons adalah satuan berat senilai 100 gram. Di sekolah-sekolah pun murid diajarkan demikian. Kesulitan yang timbul kemudian, ada satuan masa lain yang disebut ounce (oz) yang menurut  sistem avoirdupois setara dengan sekitar 28 gram. Tentunya dengan model penyerapan pelafalan Indonesia yang mirip, satuan ini pun disebut ons. 

        Perbedaan angka antara 100 gram sampai 28 gram sangat jauh. Akan besar sekali akibatnya jika salah menerjemahkan ounce (oz) dengan ons,  misalnya, dalam meracik obat atau membuat adonan makanan. Tentu menjadi runyam.

        Dan tampaknya bahwa pengertian ons yang dipakai oleh kita adalah yang menurut sistem Belanda, yaitu setara dengan 100 gram. 

        Kesimpulan lain yang harus dicamkan adalah bahwa:

"Jangan hanya menggunakan bahasa Inggris untuk menelusuri akar suatu kata. Ingat bahwa Indonesia pernah dijajah Belanda sehingga banyak kata Indonesia yang diserap dari bahasa Belanda."

        Namun, yang "mengagumkan" untuk kasus ons, mengapa kita "keukeuh" mengikuti sistem Belanda ini, padahal Belanda sendiri sudah meninggalkan sistem itu? Tepok jidat. 

www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Enggak jauh dari desain dan menulis, diimajinasikan dengan kopi di studio sketsarumah.com.

Posting Komentar untuk "Kata Ons yang telah dilupakan bahasa asalnya"

Hanya dari kebiasaan menulis sederhana
Menjadi Penulis Terampil
Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis

Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi , #novel nonfiksi , #kisah inspiratif , #biografi inspiratif di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/+6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com