Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

#01 Mengapa harus Kisah nyata (nonfiksi), bukan fiksi?

            Kisah dalam hal ini adalah cerita yang didasarkan urut-urutan suatu rangkaian kejadian atau peristiwa yang di dalamnya ada tokoh (beberapa tokoh) yang mengalami suatu 'konflik' atau 'tikaian'.

    
        Kejadian, tokoh dan konflik ini merupakan unsur pokok dalam sebuah kisah, dan ketiganya secara kesatuan disebut plot atau alur. Maka Kisah bisa juga dikatakan sebagai cerita berdasarkan alur.

            Kisah bisa berisi 'fakta', bisa pula 'fiksi' atau rekaan yang direka-reka atau dikhayalkan oleh pengarang saja. Yang berisi fakta adalah Kisah nyata, biografi (riwayat hidup seseorang), otobiografi (riwayat hidup seseorang yang ditulisnya sendiri), kisah-kisah sejati seperti "Pengalaman yang tak terlupakan", dan yang lainnya.

            Agaknya yang banyak diminati oleh khalayak adalah yang fiksi atau rekaan, akan tetapi kita sebagai Muslim yang menjunjung tinggi kejujuran dan merendahkan kedustaan tidak selayaknya membuat fiksi yang hakekatnya berisi kebohongan dan kedustaan. Kisah nyata sangat banyak bertebaran dalam kehidupan, tidak kalah menariknya dibanding dengan fiksi-fiksi yang hanya khayalan-khayalan para pendusta.

            Maka dari itu, kisah yang kita buat haruslah benar-benar terjadi, baik dialami oleh orang lain maupun penulis sendiri. Untuk menulis kisah yang pernah dialami orang lain butuh pendataan yang valid, wawancara terhadap pelaku atau tokoh-tokoh dalam kisah tersebut, lalu survey lokasi sebagai latar dalam kisah. Survey lokasi perlu dilakukan agar penulis bisa menghayati suasana kejadian dan menuangkan dalam bentuk tulisan tanpa adanya unsur kedustaan. Untuk melakukan hal tersebut dalam keadaan kita baru belajar menulis, adalah sangat sulit. Maka dari itu, untuk mudahnya kita dalam belajar berkisah hendaknya menulis kejadian-kejadian yang penulis alami sendiri dulu saja.

            Demikian, jelas sudah mengapa jika kita ingin menulis kisah, tidak lain tidak bukan haruslah kisah nyata atau dalam bahasa asing terkenal dengan istilah true story.

            Boleh sepakat, boleh tidak kok.


www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Enggak jauh dari desain dan menulis, diimajinasikan dengan kopi di studio sketsarumah.com.

Posting Komentar untuk "#01 Mengapa harus Kisah nyata (nonfiksi), bukan fiksi?"

Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis
Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi dan #novel nonfiksi di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com