Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

#02 Konflik, syarat mutlak dalam Kisah Inspiratif yang sempurna

            Kisah ada yang tak sempurna. Kisah tak sempurna yaitu kisah tanpa konflik. Contoh kisah tidak sempurna misalnya, kisah perjalanan yang penekanannya pada penggambaran segala sesuatu yang diamati selama perjalanan tersebut.

            Karangan anak-anak juga banyak yang berbentuk kisah tak sempurna dengan judul seperti "Mengunjungi Paman", "Menjenguk Budi di rumah sakit", "Bermain layang-layang", dan sebagainya. Cerita seperti itu jelas tanpa konflik.

            Jadi, seperti telah disebutkan di awal bahwa unsur-unsur penting dalam sebuah Kisah Inspiratif yang sempurna adalah: 
  • Kejadian
  • Tokoh, dan 
  • Konflik
            Ketiga unsur ini harus ada, dan tidak dapat dipisah-pisahkan. Dan itulah alur itu. Dan, yang menjadi ciri khas kisah sempurna adalah unsur KONFLIK yang mutlak harus ada.

            Sehingga, jika kita mau coba menulis Kisah Inspiratif pengalaman kita sendiri, carilah atau ingat-ingat pernahkah kita mengalami konflik dalam perjalanan hidup kita? Misalnya, dalam bidang usaha yang kita geluti yakni pernahkah ketika kita menggeluti usaha atau pekerjaan mengalami konflik? Atau dalam sepanjang hidup kita pernahkah mengalami konflik dalam tujuan hidup atau prinsip hidup?

            Dalam hidup seseorang mustahil dia tidak pernah mengalami konflik!

            Konflik bisa terjadi antara kita dengan pembeli kita, jika kita berdagang, konflik juga bisa terjadi dengan atasan atau bawahan kita ketika kita sedang bekerja di suatu perusahaan, konflik juga bisa terjadi antara kita dengan klien kita jika usaha kita dibidang jasa, dan sebagainya.

            Konflik juga tidak harus terjadi dengan orang lain, tapi bisa terjadi konflik dalam batin kita, ketika kita memilih partner usaha kita. Bisa juga terjadi antara batin dan alam, seperti pada contoh "4 November 2010, Merapi meletus dengan letusan terdahsyat dalam kurun waktu 100 tahun terakhir" yang sengaja dibuat untuk contoh kisah sempurna pendek, tetapi semua unsur lengkap ada disitu.

            Temukan konflik dalam kehidupan kita, lalu kembangkan dalam bentuk cerita berdasarkan fakta, sehingga pembaca dapat menuai manfaat dan hikmah di dalamnya yang akan bermanfaat dalam menghadapi kehidupan nyata mereka sendiri.


www.sketsarumah.com
www.sketsarumah.com Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.

Posting Komentar untuk "#02 Konflik, syarat mutlak dalam Kisah Inspiratif yang sempurna"

Menjadi Penulis Terampil
Hanya dari kebiasaan menulis sederhana
Motivasi Menulis

Gimana nih! memulai menulis

Motivasi Menulis
Kejutan dulu,
lalu Keteraturan

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kalimat

Motivasi Menulis

Merekam objek ide tulisan

Bahasa Indonesia
Belajar
Menulis Artikel

Bahasa Indonesia
Belajar
tentang Kata

Motivasi Menulis
Agar Menulis
tidak Lumpuh

Bahasa Indonesia
Belajar
Gaya Bahasa

menulis.sketsarumah.com
Seputar #sejarahislam #biografi #salafushshalih #caramenulis #deskripsi , #eksposisi , #artikel , #essay , #feature , #ceritanyata , #cerpen nonfiksi , #novel nonfiksi , #kisah inspiratif , #biografi inspiratif di studio www.sketsarumah.com.

Ikuti yuk!
Telegram: t.me/menulissketsarumah_com
Twitter: twitter.com/menulisketsarmh

Simpan yuk!
WhatsApp: wa.me/+6285100138746 dengan nama: www.sketsarumah.com